Pemkab Anambas Berbenah Menyiapkan Diri Sebagai Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata

Pemkab Anambas Berbenah Menyiapkan Diri Sebagai Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata

19 December 2016

Penetapan Anambas sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) ?bidang pariwisata oleh Pemprov Kepri, tak disia-siakan Pemkab Anambas.

Setelah mendapat restu dari Provinsi Kepri yang mengusulkan Anambas sebagai satu-satunya daerah di Kepri yang masuk KEK pariwisata, Pemkab Anambas mempersiapkan beberapa hal.

"?Dalam rangka persiapan, kami tentunya mempersiapkan segala sesuatunya, mulai dari data termasuk jemput bola dalam rangka Kawasan Ekonomi Khusus (KEK)," ujar Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Kepulauan Anambas Iwan K. Roni, Selasa (19/1/2016).

?Iwan menambahkan, pemerintah pusat nantinya akan melakukan kajian untuk memutuskan terkait penetapan Anambas sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata.

Kajian yang dimaksud, salah satunya untuk mendata terkait apa-apa saja yang masih diperlukan oleh daerah yang memiliki potensi pariwisata khususnya infrastruktur untuk mendukung pariwisata di daerah.

"Salahsatu manfaatnya itu. Ada perhatian lebih Pemerintah pusat kepada daerah. ?Seperti anggaran terkait infrastruktur. Intinya, apa-apa yang menjadi kendala, nantinya dibantu. Tentunya, setelah ada kajian. Seperti Danau Toba di Sumatra Utara," ungkapnya.

Tidak hanya pada infrastruktur, ditetapkannya Anambas sebagai KEK Pariwisata kedepannya diharapkan juga berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat, khususnya ekonomi kerakyatan dari masuknya wisatawan yang datang ke Anambas.

"Harapan kami ke depan juga seperti itu. Bicara potensi, Anambas memiliki itu. Termasuk letak geografisnya yang berdekatan dengan sejumlah negara tetangga. ?Sebelumnya, kawasan bawah laut Anambas juga telah ditetapkan sebagai destinasi oleh Kementrian Kelautan Perikanan (KKP) Republik Indonesia,"