Kabupaten Kepulauan Anambas, terletak antara 2º10’0”-3º40’0”LU s/d 105º15’0”-106º45’0” BT (UU No 33 Tahun 2008). Sebagai kabupaten yang terletak di beranda depan wilayah Indonesia, Penyelenggaraan Pemerintahan Kabupaten Kepulauan Anambas dipimpin oleh Bupati Kepulauan Anambas yang bertugas berdasarkan kebijakan yang ditetapkan bersama DPRD , dengan dibantu Sekretaris Daerah dalam penyusunan kebijakan dan pengoordinasian administratif terhadap pelaksanaan tugas Perangkat Daerah serta pelayanan administratif.

Berdasarkan Peraturan Bupati Nomor 7 Tahun 2016 tentang Pembentukan,Susunan Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Teknis Daerah Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mempunyai tugas melaksanakan urusan pemerintahan daerah dibidang kepariwisataan dan kebudayaan serta melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan Bupati sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya. Dalam pelaksanaan tugasnya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dipimpin oleh seorang Kepala Dinas yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.

Dalam melaksanakan tugasnya Kepala Dinas di bantu oleh beberapa Bidang, Salah Satunya Bidang Promosi Wisata yang dipimpin oleh seorang Kepala Bidang, mempunyai tugas dibidang pengembangan dan promosi wisata. Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud, Kepala Bidang Promosi Wisata mempunyai fungsi : perencanaan operasional urusan promosi wisata, pengelolaan urusan promosi wisata,  pengendalian  evaluasi dan pelaporan urusan promosi wisata serta pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya. Dalam pelaksanaan tugas dan fungsi sebagaimana dimaksud, Kepala Bidang Promosi Wisata terdiri dari di bantu oleh  2 (Dua) Seksi Yaitu : Seksi Promosi Wisata Dalam dan Luar Negeri dan  Seksi Informasi dan Teknologi Kepariwisataan.