Dinas Pariwisata Anambas Sambut Baik Datangnya Pemodal Asing

Dinas Pariwisata Anambas Sambut Baik Datangnya Pemodal Asing

19 December 2016

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kepulauan Anambas, Iwan Kurniawan kaget mendengar kabar mengenai adanya investor China yang tertarik berkunjung ke Anambas. Namun ia menyambut baik bila benar ada investor dari China yang tertarik.

"Saya pribadi baru mendengar. Tapi tentunya kita menyambut baik  bila itu benar," ucapnya saat berada di Kecamatan Jemaja, Kabupaten Kepulauan Anambas  menghadiri Rapat Kerja Kesehatan Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas, Kamis (16/5/2013).

Iwan menambahkan, saat ini Dinas Pariwisata Provinsi Kepri terus melakukan kegiatan promosi  dengan menunjukkan potensi wisata yang terdapat di wilayah Kepri termasuk di Kabupaten Kepulauan Anambas.

"Provinsi ada kegiatan Beautiful of Kepri. Salah satunya melakukan kegiatan promosi, terkait keindahan alam yang ada di Kepri. Anambas termasuk salah satu tujuan yang kita kembangkan selain potensi migas dan perikanan yang telah ada.  Kita bisa tonjolkan potensi alam seperti terumbu karang, diving, dan spesies biota laut. Ini salah satu tupoksi dari pihak terkait seperti Dinas Kelautan dan Perikanan serta angkatan laut," ungkapnya.

Pihaknya berharap, melalui program provinsi dapat segera tercipta percepatan promosi. Ia juga minta SKPD terkait agar dapat segera mensukseskan program tersebut. Namun masih ada kendala di bidang transportasi  karena ini salah satu urat nadi terpenting. "Kami yakin  bila  akses jalan bisa dibangun cepat, akan dengan mudah para wisatawan berkunjung ke Anambas," tuturnya.

Iwan mengatakan saat ini ada dua destinasi tujuan pariwisata di Kabupaten Kepulauan Anambas yakni Pantai Padang Melang dan air terjun Temburun. Untuk mempercepat program itu,  sebanyak 18 SKPD dilibatkan sehingga bisa sama-sama membangun akses menuju tujuan wisata tersebut.

Seperti diketahui, sejumlah investor yang mengikuti Konferensi Investasi ke- 7 dan Pertemuan Pengusaha Tionghoa di Beijing awal Mei lalu  ada investor yang berniat berinvestasi di Anambas.

Wakil Ketua Umum Bidang Perdagangan dan Keuangan, Kadin Kepri, Paulus Amat Tantoso, mengatakan selain keindahan Kepulauan Anambas, Kadin Kepri dan Pemko Batam juga mempromosikan keindahan pariwisata Kepri.

Selain itu  kawasan industri terbuka, sistem kepelabuhanan bebas di Batam juga dipaparkan dihadapan 1.500 pengusaha Tionghoa se-Asia. Meski hanya sebagai tamu undangan,  Kadin Kepri bersama Pemko Batam yang diwakili Pirma Marpaung, berkesempatan mempresentasikan berbagai potensi dan iklim ekonomi yang menjual di Kepri, menjadi kesempatan emas.

Dalam Pertemuan Pengusaha Tionghoa di Beijing yang berlangsung selama tiga hari itu,  sebagian besar pengusaha yang hadir mengetahui Indonesia dari Jakarta dan Bali.

Setelah melihat presentasi langsung keindahan wisata Kepulauan Anambas dan nilai investasinya yang tinggi dalam potensi ekonomi,  banyak para peserta merencanakan kunjungan langsung dan siap berinvestasi.