Sinyal 4G dan Wifi Internet di Pulau Jemaja Anambas Bakal Alami Gangguan, Ini Sebabnya

SHARE

ANAMBAS, TRIBUNBATAM.id - Jaringan sinyal 4G pada tower operator dan layanan wifi internet area Pulau Jemaja dikabarkan akan mengalami gangguan atau blackout.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, gangguan sinyal internet ini akan terjadi pada hari ini, Minggu (12/2/2023) sore.

Kepala Telkom Cabang Tarempa, Edward saat dikonfirmasi Tribunbatam.id turut membenarkan hal tersebut.

"Iya benar, untuk sementara dari jam 17.00 WIB nanti jaringan sinyal di Jemaja akan gangguan atau blackout. Tapi kalau di Tarempa dan Palmatak tidak," ucapnya.

Dirinya mengungkapkan, terkait gangguan sinyal internet disebabkan adanya maintenance atau perbaikan perangkat jalur Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) milik Telkom inter island Tarempa - Jemaja.

"Kemarin kan kita sempat diklaim sama Dinas Perikanan adanya kabel kita yang salah jalur. Jadi anggota kita sekarang ke sana untuk memperbaiki dan membenahi kabel kita dan kita putus dan sambung lagi," ungkapnya.

Dalam masa perbaikan jalur SKKL tersebut, sambungnya, diperkirakan akan membutuhkan waktu selama 8 sampai 14 hari.

"Perbaikan di laut ini kan tentu sangat rumit, itu anggota sekarang sudah di tengah laut. Makanya targetkan waktunya paling cepat 8 sampai 14 hari," sebut Edward.

Kendati jelang perbaikan jalur SKKL Telkom Tarempa - Jemaja selesai, backbone layanan internet Pulau Jemaja nantinya juga akan dibackup melalui terestrial radio berkapasitas 300 Mega.

"Ya meski terbatas. Namun internet tidak terputus dan hilang, melalui terestrial radio itu masih bisa berjalan kok," tuturnya.

Atas ketidaknyamanan yang terjadi, pihaknya pun meminta maaf dan berharap masyarakat Anambas khususnya Pulau Jemaja dapat memahami kondisi tersebut sementara waktu. (TRIBUNBATAM.id/Noven Simanjuntak)

Artikel ini telah tayang di TribunBatam.id dengan judul Sinyal 4G dan Wifi Internet di Pulau Jemaja Anambas Bakal Alami Gangguan, Ini Sebabnya, https://batam.tribunnews.com/2023/02/12/sinyal-4g-dan-wifi-internet-di-pulau-jemaja-anambas-bakal-alami-gangguan-ini-sebabnya.
Penulis: Novenri Halomoan Simanjuntak | Editor: Tri Indaryani